Sosial
Bagikan berita :
Rabu, 02 Maret 2016 - 09:36:02 | kelvian-adhi / Sorot Gunungkidul

Listrik Impor Akhirnya Air Menggelontor

Listrik Impor Akhirnya Air Menggelontor
Space Iklan
Direktur Utama PDAM Gunungkidul, Isnawan F.

Wonosari, (sorotgunungkidul.com)--Keluhan warga yang tersebar di 5 Kecamatan di Gunungkidul terkait masalah aliran air yang sempat macet kini sudah teratasi. Datangnya bantuan dari PLN Sleman, Bantul dan Klaten membuat suplai listrik untuk menggerakkan 3 pompa air di Baron, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari kembali berfungsi.

Isnawan Fibriyanto, Direktur Umum PDAM Gunungkidul menjelaskan, beberapa waktu lalu aliran air bersih kepada pelanggan sempat tersendat lantaran gardu listrik di Mijahan, Semanu mengalami kerusakan.

“Untuk itu kita mencari solusi dan mendapatkan bantuan dari PLN Bantul, Sleman dan Klaten," ujar Isnawan, Rabu (02/03/2016).

Sebelumnya, pihak PDAM telah menghubungi PLN Gunungkidul dan akhirnya menemukan solusi. Kerjasama antara PLN Wonosari dengan pihak PDAM Gunungkidul mebuahkan hasil. Daya 380 volt yang dibutuhkan untuk menghidupkan pompa air Baron dapat tercukupi.

"Alhamdulillah, saat ini berkat bantuan dari PLN luar daerah air kembali bisa mengalir," kata Isnawan.

Diperoleh informasi, tenaga yang dibutuhkan untuk mengerakan pompa air di Baron tersebut sebesar 380 volt. Apabila dayanya turun hingga 350 volt, maka pompa tidak bisa bekerja. Berbeda dengan kebutuhan listrik rumah tangga, daya yang biasanya 220 volt bila turun menjadi 180 volt masih bisa jalan.

"Saya harapkan masyarakat tidak lagi resah, sebab sudah kita temukan solusinya. Jika menunggu perbaikan gardu listrik Mijahan, kita masih harus menunggu berbulan-bulan lagi," pungkas dia.

Berita Terkait :