Pendidikan
Sabtu, 04 Mei 2013 - 11:44:12 | ulfah-nur-azizah / Sorot Gunungkidul

HIMPAUDI GELAR LOMBA TINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIK
HIMPAUDI GELAR LOMBA TINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIKHIMPAUDI GELAR LOMBA TINGKATKAN KOMPETENSI PENDIDIKSorot Gunungkidul

Wonosari,(sorotgunungkidul.com) Untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Gunungkidul, HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD Indonesia) menggelar Jambore di Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (4/5/2013). Pada acara yang digelar di Aula SKB Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul itu, beberapa jenis perlombaan ditarungkan. Yakni, lomba penulisan artikel, pembuatan bigbook dongeng dan pembuatan APC (Alat Peraga Education) yang berbasis budaya lokal Kabupaten Gunungkidul. Acara tersebut diikuti 32 tenaga pendidik PAUD terbaik yang diambil dari 18 kecamatan di Kabupaten Gunungkidul.

“Perlombaan yang dikemas dalam Jambore ini baru pertama digelar, mengingat perkembangan PAUD di Kabupaten Gunungkidul yang cukup pesat namun kompetensi dari tenaga kependidikan PAUD masih rendah. Sehingga diharapkan dari acara ini, tenaga pendidik PAUD semakin berkompeten untuk mencerdaskan siswa PAUD di Gunungkidul,” jelas ketua panitia Jambore Himpaudi Gunungkidul, Endang Rudiyatun.

Dia menyatakan acara ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motivasi pendidik,  menambah wawasan, intergritas pendidik, tenaga kependidikan, dan membangun kebanggaan terhadap profesi pendidik. 

Menurutnya, kelima tujuan tersebut menjadi dasar perlombaan mengingat kemampuan tenaga PAUD di Kabupaten Gunungkidul belum memenuhi standar yang diatur dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. “Agenda acara ini akan digelar pada setiap tahunnya. Keseluruhan biaya kegiatan ini diambil dari Kas Himpaudi Kabupaten Gunungkidul,” tambahnya.

Hingga berita ini diturunkan 32 peserta guru PAUD masih melakukan perlombaan yang dinilai oleh tim juri dari Disdikpora, Praktisi dari dosen Universitas Terbuka dan perwakilan mitra dari forum PAUD Kabupaten Gunungkidul. Pemenang dari perlombaan tersebut rencananya akan kembali dipertarungkan dengan peserta terbaik yang mewakili kabupaten lainnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada pertengahan Juni mendatang.

Berita Terkait :


dava3.jpgwirawisata.gif
HOT NEWS
rahma jaya.jpg