Wisata
Minggu, 05 Mei 2013 - 17:09:41 | cristian-anjani / Sorot Gunungkidul

GUNUNG GAMBAR, TEMPAT BERSEJARAH YANG TERPINGGIRKAN
GUNUNG GAMBAR, TEMPAT BERSEJARAH YANG TERPINGGIRKANGUNUNG GAMBAR, TEMPAT BERSEJARAH YANG TERPINGGIRKANnet

Ngawen,(sorotgunungkidul.com)--Banyaknya obyek wisata baru yang sedang menjadi ikon di Bumi Handayani ternyata tidak lantas menjadikan jaminan semua obyek wisata di Gunungkidul mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah. Beberapa obyek wisata yang dapat dikatakan masih asing di telinga wisatawan belum tentu bisa dipandang sebelah mata, karena mempunyai nilai sendiri yang bisa dijual kepada wisatawan dan memberI pemasukan PAD.

Seperti obyek wisata Gunung Gambar yang terletak di Dusun Gunung Gambar Desa Kampung, Kecamatan Ngawen. Wisata alam yang berjejer dengan Hutan Adat Wonosadi ini mungkin masih dibilang jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal atau  dari luar daerah. Namun apabila dicermati secara bijak ternyata obyek wisata yang mempunyai nilai sejarah karena terkait dengan Pangeran Sambernyowo ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan.

Hamparan sawah pedesaan Gunung Gambar yang terbentang luas seakan menjadi pemandangan yang lazim kita nikmati ketika berjalan menapaki bukit terjal menuju obyek yang sudah menjadi destinasi wisata Gunungkidul  sejak lama ini.

Dari atas Gunung Gambar kita dapat melihat keindahan Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, obyek wisata Rawa Jombor, Gunung Merapi Yogyakarta dan beberapa tempat lainya.

Gunung Gambar ini dulunya pernah dijadikan markas pertahanan Kanjeng Gusti Adipati Aryo atau sering disebut warga setempat Pangeran Samber Nyowo untuk menyusun strategi melawan Pemerintahan Belanda jaman dulu.

Untuk datang ke obyek wisata tersebut pengunjung harus melewati jalan terjal yang berkelok namun dijamin tidak dikecewakan oleh pemandangan alam nan elok dan masih perawan, jauh dari sentuhan tangan-tangan jahil orang iseng.

Mbah Podo yang merupakan sesepuh yang dituakan dan dianggap sebagai juru kunci Gunung Gambar secara eksklusif mengatakan bahwa Gunung Gambar masih sedikit peminat namun dirinya tetap berusaha menjaga alam di daerah obyek wisata tersebut.

"Bagaimanapun keadaan Gunung Gambar saya bersama masyarakat desa akan selalu berusaha menjaga obyek ini agar kelestariannya selalu terjaga" kata Podo sembari menghisap rokoknya, Minggu (5/5/2013).

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
rahma jaya.jpg