Peristiwa
Rabu, 08 Mei 2013 - 13:31:01 | cristian-anjani / Sorot Gunungkidul

CALON JAMAAH HAJI DARI PLAYEN IKUTI TES KEBUGARAN
CALON JAMAAH HAJI DARI PLAYEN IKUTI TES KEBUGARAN
Space IklanTanah DijualSpace Iklan
Sorot Gunungkidul

Playen, (sorotgunungkidul.com) Sedikitnya 84 calon jemaah Haji yang berasal dari Kecamatan Playen mengikuti tes kebugaran yang diadakan di UPT Puskesmas Playen. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan fisik para calon haji yang akan diberangkatkan pada September mendatang. “Kami mengadakan tes kebugaran ini untuk menyiapkan fisik para calon jamaah Haji pada keberangkatanya pada awal September”  kata Kepala UPT Puskesmas I Arif Budiyanto, Rabu (08/05/2014).

Tes kebugaran jamaah Haji ini dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan hingga tiga kali menjelang keberangkatan mereka ke tanah Mekah. Sebanyak 84 calon jemaah tersebut berasal dari Kelompok Bimbingan Jemaah Haji (KBIH) Darul Quran dan KBIH Aisyiyah.

Beberapa rangkaian yang meliputi kegiatan tes kebugaran adalah anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, dan penetapan diagnosis jamaah Haji. Dilanjutkan dengan pengobatan dan pemeliharaan kesehatan sesuai indikasi. Hal ini ditujukan agar para jemaah Haji dapat melakukan latihan rutin selama di rumah sesuai dengan kebutuhan fisiknya.

Arif mengatakan tes kebugaran yang dananya merupakan swadaya dari para calon jamaah Haji ini dilakukan setiap tiga bulan sekali sebelum keberangkatan para jemaah Haji. “Setelah dites kami memberi rekomendasi tentang apa latihan yang sesuai untuk dilakukan di rumah, dan kegiatan ini baru sekali dilakukan di Playen. Tujuan dari program ini agar para jamaah Haji bisa mempersiapkan fisiknya untuk pergi ke Tanah Suci” kata Arif.

 

Berita Terkait :


dava3.jpgbrosur_cwi.jpgbakpia250.jpg
HOT NEWS
rahma jaya.jpggoacerme.jpg