Gaya Hidup
Bagikan berita :
Sabtu, 12 November 2016 - 15:05:37 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

Pemilihan Pintu Yang Tepat Pada Rumah Minimalis

Pemilihan Pintu Yang Tepat Pada Rumah Minimalis
Space Iklan
foto by net

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Dewasa ini, model rumah dengan konsep modern minimalis semakin diminati. Masyarakat beranggapan, rumah minimalis terkesan simpel namun tetap terlihat mewah. Padahal, gaya minimalis ini sudah dikenal sejak tahun 1920 silam. Namun seiring berkembangnya zaman, rumah berkonsep modern minimalis kembali menjadi trend.

Seperti yang dikatakan Designer Interior Yogyakarta, Bondan Prihastomo. Rumah modern minimalis memang sedang digandrungi. Sehingga baik itu rumah bangunan sendiri atau perumahan, menggunakan gaya arsitektur tersebut. Meski berukuran minimalis, Bondan menyarankan tetap harus memerhatikan keluasan ruangan. Jangan sampai ukuran yang minimalis membuat rumah menjadi sumpek dan pemiliknya tidak leluasa untuk bergerak.

"Pengennya rumah minimalis tapi sumpek banyak furniture kan sama saja. Kondisi ruangan tetap harus diperhatikan agar pemilik merasa nyaman di rumahnya. Isi rumah minimalis itu yang diperhatikan fungsinya, apakah berguna atau tidak," jelasnya saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (12/11/2016).

Banyak cara yang bisa dilakukan agar rumah minimalis terkesan luas, salah satunya adalah pemilihan pintu. Saat ini, banyak penghuni rumah minimalis yang tetap ingin menggunakan pintu dobel. Hal ini, kata Bondan tidak menjadi masalah sebab pemilihan pintu dobel atau single tergantung kebutuhan. Jika memang memilih pintu dobel, sebaiknya bisa menggunakan ukuran yang berbeda. Misalkan satu ukuran besar dengan motif full sedangkan motif satu ukuran kecil hanya berbahan kaca.

"Tapi sama-sama bisa dibuka. Kalau dibuka fungsinya sebagai pintu, kalau ditutup seolah-olah jendela," papar Bondan.

Kemudian pemilik bisa menggunakan pintu geser asal tetap memerhatikan space di sisi kanan dan kiri. Kebanyakan, pemilik merasa pintu biasa memakan tempat saat dibuka sehingga lebih memilih menggunakan pintu geser. Dikatakan Bondan, jika didekat pintu ada furniture sebaiknya tidak menggunakan pintu biasa, tapi bisa memilih pintu geser.

"Sekarang banyak pintu yang dimasukkan ke dalam dinding. Jadi kalau pintunya dibuka, itu masuk ke dalam dinding. Ini bisa menjadi inovasi untuk mengatasi ruangan yang sempit di rumah minimalis," tuturnya.

Pintu yang dikombinasikan dengan kaca, menurut Bondan, mengesankan lebih lapang. Pintu berbahan kayu lapis dan bermotif polos juga membuat rumah terlihat lebih luas dibanding kayu asli yang tebal dengan banyak ukiran. Diprediksi, beberapa tahun kedepan akan ada perubahan model pintu. Misal pintu tidak hanya sebagai buka tutup untuk tempat keluar masuk seseorang, tetapi juga bisa difungsikan sebagai rak pernak-pernik atau dinding.

"Itu biasanya hasil kreatifitas arsitek. Kalau properti yang dijual, akan tetap mengikuti perkembangan zaman tapi tidak terlalu signifikan. Konsep minimalis juga masih diminati beberapa tahun kedepan ini," ujar Bondan.

 

Berita Terkait :