Budaya
Bagikan berita :
Senin, 28 November 2016 - 18:04:16 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Menhir Ribuan Tahun Ditemukan di Sokoliman

Menhir Ribuan Tahun Ditemukan di Sokoliman
Space Iklan
Menhir yang ditemukan di situs Sokoliman (Foto Istimewa)

Karangmojo,(sorotgunungkidul.com)—Sebuah benda bersejarah berupa Menhir kuno ditemukan di Padukuhan Sokoliman II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Diperkirakan Menhir tersebut telah berusia ribuan tahun. Saat ini benda kuno itu telah diserahkan ke Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Dijelaskan oleh Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, BPCB Yogyakarta, Wahyu Astuti bahwa jika Menhir setinggi 4 meter diperkirakan memiliki usia sekitar 2000 tahun. Menurut kepercayaan masyarakat jaman dahulu, Menhir digunakan masyarakat untuk berdoa atau menyembah sesuatu yang dianggap memberikan kekuatan padanya.

"Menhir digunakan untuk pemujaan ataupun patok dari daerah kekusaan," kata dia (28/11/2016).

Dia menambahkan bahwa Menhir tersebut ditemukan pada akhir bulan September lalu di pemakaman umum Sokoliman. Menhir itu sudah diserahkan pada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta pada 10 Oktober 2016 lalu.

"Menhir tersebut ditemukan di kedalaman 30 cm dari dalam tanah, setelah dilakukan penggalian diselesaikan batu menhir tersebut memiliki panjang 2,82 meter. Namun kemudian digali lebih dalam lagi dan ditemukan satu lagi potongan menhir dengan panjang 75 cm, dengan diameter hampir 1 meter, diperkirakan ini Menhir paling besar sampai saat ini yang sudah ditemukan di Gunungkidul,"kata dia.

Saat ini batu Menhir itu masih diletakkan di sekitar lokasi situs sokoliman untuk diamankan dan menambah koleksi di sana.

Berita Terkait :