Budaya
Bagikan berita :
Minggu, 11 Desember 2016 - 09:02:41 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Semar Mbangun Khayangan Tutup Perayaan HUT Desa Siraman

Semar Mbangun Khayangan Tutup Perayaan HUT Desa Siraman
Space Iklan
Pagelaran wayang semalam suntuk sebagai penutup acara HUT Desa Siraman (Foto by Fajar Risdiyanto)

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Rangkaian acara Hari Jadi Desa Siraman, Kecamatan Wonosari yang ke 97 ditutup dengan meriah pada Sabtu (10/12/2016) malam. Panitia menyuguhkan pertunjukan wayang kulit yang menghadirkan Dalang Sumarno Purbocarito dengan lakon Semar Mbangun Khayangan.

Ketua Panitia dalam acara Hari Jadi Desa Siraman ke-97, Suparman mengatakan, pemilihan lakon dalam pagelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut bukan tanpa alasan. Lakon Semar Mbangun Khayangan tersebut dapat diartikan kegotong royongan seluruh elemen masyarakat yang dilibatkan dari anak kecil hingga orang dewasa merupakan wujud kebersamaan masyarakat Desa Siraman.

"Dengan kekompakan dan tujuan yang sama maka kami berniat ingin memajukan dan menggali seluruh potensi yang ada di desa Siraman," papar Suparman, Sabtu (11/12/2016) malam.

Malam puncak acara tersebut sekaligus pengumuman hasil beberapa lomba untuk memeriahkan hari jadi tersebut. Adapun berbagai macam lomba yang dipertandingkan adalah Lomba Toklik dengan juara 1 diraih oleh Padukuhan Besari, juara 2 Padukuhan Seneng, dan Juara 3 Padukuhan Siraman 3. Untuk lomba pembuatan Lampion juara 1 diraih Padukuhan Tegalsari, juara 2 Padukuhan Besari dan juara 3 Padukuhan Siraman 3. Sedangkan untuk lomba kebersihan, juara 1 diraih Padukuhan Besari, juara 2 Padukuhan Seneng, juara 3 Padukuhan Seneng.

"Dalam perlombaan tersebut para pemenang mendapatkan piala, semua unsur dilibatkan mulai dari anak-anak hingga orang tua,"kata dia.

Sementara itu, ketua BPD Desa Siraman Suyadi mengatakan, dengan diadakannya hari jadi Desa Siraman yang ke 97 tersebut pihaknya yakin akan adanya masa depan cerah untuk Desa Siraman. Kekompakan masyarakat ke depan membuat Desa Siraman bisa bersatu dan maju, antara warga, tokoh lembaga pamong bisa bersatu dan bersinergi.

"Kejujuran dan transparansi dari semua elemen, akan menumbuhkan dan lebih menggali potensi-potensi yang ada di Desa Siraman," pungkasnya.

Berita Terkait :