Hukum/Kriminal
Bagikan berita :
Jumat, 16 Desember 2016 - 09:59:54 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Korupsi, 5 Orang Pejabat Jadi Pesakitan

Korupsi, 5 Orang Pejabat Jadi Pesakitan
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Permasalahan korupsi saat ini masih terus menggurita dan merongrong bangsa Indonesia. Korupsi ditengarai menjadi salah satu penyebab utama lambannya perkembangan Indonesia yang saat ini mulai tertinggal dari negara-negara lain di kawasan ASEAN.

Di Kabupaten Gunungkidul sendiri, permasalahan korupsi masih menjadi ladang empuk untuk memperkaya diri bagi para oknum pelakunya. Terbukti di tahun 2015 terdapat 5 orang yang sudah menjadi tersangka kasus terkait tindak pidana korupsi yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Gunungkidul.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kajari Gunungkidul Sihid Inugraha mengatakan, pada akhir tahun 2016 ini Kajari Gunungkidul sudah menetapkan 5 tersangka kasus korupsi. Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan 3 penyelidikan, 3 proses penyidikan, dan ada 2 kasus korupsi yang sudah masuk dalam ranah persidangan.

"Salah satu kasus yang masih dalam penyelidikan yakni kasus korupsi Program Nasional Agraria (Prona) yang terjadi di wilayah Kecamatan Karangmojo," papar Sihid, Jumat (16/12/2016).

Dia menambahkan walaupun sudah banyak yang tertangkap terkait kasus korupsi maupun pungutan liar namun seakan belum juga bisa menimbulkan efek jera. Hal tersebut tentunya menjadi pekerjaan rumah bersama, tidak hanya penegak hukum seperti kepolisian maupun kejaksaan, namun masyarakat harus aktif langsung melaporkan jika melihat praktek-praktek kotor tersebut terjadi di wilayah kabupaten Gunungkidul.

"Kita harapkan masyarakat bisa proaktif melapor sehingga bisa segera ditindaklanjuti guna mempersempit ruang gerak para koruptor," tandasnya.

Berita Terkait :