Gaya Hidup
Bagikan berita :
Senin, 19 Desember 2016 - 00:21:33 | r1 / Sorot Gunungkidul

Praktisi Kesehatan Ciptakan Senam Khusus Untuk Pencegahan Diabetes Mellitus

Praktisi Kesehatan Ciptakan Senam Khusus Untuk Pencegahan Diabetes Mellitus
Space Iklan
Peserta Klub Senam Diabetes Panti Rapih saat menggelar acara di Pantai Krakal (Foto by Didik)

Tepus,(sorotgunungkidul.com)--Tanpa disadari, penyakit Diabetes Mellitus saat ini tumbuh begitu subur di Indonesia. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Indonesia sedikitnya memiliki lebih dari 8,5 juta penderita penyakit mematikan ini. Jumlah tersebut masuk dalam tertinggi keempat di Asia dan ketujuh di dunia. Diperkirakan jumlah penderita akan semakin meningkat lantaran saat ini, karena saat ini rentang usia penderita diabetes semakin muda.

Melihat perkembangan yang semakin memburuk, sejumlah upaya pun dilakukan guna melakukan pencegahan atau paling tidak bagi penderita untuk memperlambat penyebaran penyakit. Seperti yang dilakukan oleh Klub Senam Diabetes dari Rumah Sakit Pantirapih, Yogyakarta. Minggu (18/12/2016) pagi, anggota klub ini mengadakan senam kesehatan di Pantai Krakal. Tak hanya sekedar melakukan senam diabetes, namun dalam acara ini juga diselingi dengan talk show yang membahas segala hal mengenai penyakit diabetes.

Anggota Klub Senam Diabetes RS Panti Rapih, dr FX Suharnadi mengungkapkan bahwa pihaknya ingin mensosialisasikan kepada masyarakat luas mengenai penyakit diabetes yang cukup berbahaya. Diharapakan dengan pengetahuan ini, warga masyarakat bisa melakukan pencegahan secara mandiri untuk dapat terhindar dari penyakit diabetes.

"Tidak harus menunggu penyakit datang baru memberi perhatian lebih kepada tubuh. Menjaga kesehatan jauh lebih mudah dan nyaris tanpa biaya ketimbang mengobati penyakit saat datangnya," ucap dokter spesialis penyakit dalam kondang asli Gunungkidul ini, Minggu siang.

Ditambahkan Suharnadi, senam diabetes mellitus atau lebih sering juga disebut gerakan senam kaki diabetes merupakan jenis senam yang khusus dibuat bagi penderita diabetes. Bagi orang normal, senam ini bisa juga dilakukan sebagai pencegahan terhadap penyakit. Gerakan senam diabetes difokuskan pada kaki para pesertanya, yang mempunyai tujuan mencegah komplikasi pada pasien DM seperti luka infeksi pada kaki dan mencegah penyebaran.

Selain itu kombinasi gerakan di dalam senam diabetes juga dapat membantu penderita dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Senam diabetes sendiri juga sengaja menggunakan gerakan-gerakan yang lebih ringan jika dibandingkan dengan senam untuk orang biasa. Mengingat kondisi fisik penderita penyakit umumnya sangat lemah. Itu artinya, jika gerakan terlalu cepat serta menghentak tentunya akan sangat membebani fisik penderita.

“Jika nanti gerakan terlalu berat malah efeknya akan kurang. Senam ini sedang kita populerkan, setiap minggu kita gelar di tempat-tempat berbeda,” papar Suharnadi.

Salah seorang peserta, Woro Wardani mengungkapkan , bahwa senam ini sangat bermanfaat khusus bagi penderita diabetes. Pemilihan tempat di Pantai Krakal sendiri cukup ia apresiasi. Karena selain melakukan olahraga yang menyehatkan, para peserta juga bisa sekalian melakukan rekreasi dan melihat pemandangan alam yang asri.

“Saya rasa cukup baik dan sangat berguna,” ujar Woro.

 

 

 

 

 

Berita Terkait :