Politik
Bagikan berita :
Rabu, 21 Desember 2016 - 11:07:00 | syarief-ahmad / Sorot Gunungkidul

Pimpinan DPRD Belum Ajukan Permohonan, PAW Fraksi Demokrat Masih Gelap

Pimpinan DPRD Belum Ajukan Permohonan, PAW Fraksi Demokrat Masih Gelap
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Target Ketua DPC Demokrat, Junendro yang menginginkan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Fraksi Demokrat DPRD Gunungkidul bisa selesai pada tahun 2016 ini tampaknya bakalan meleset. Hal ini dikarenakan, meski sudah menginjak hampir di akhir tahun, sejauh ini proses PAW masih belum menemui titik terang. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gunugkidul sejauh ini mengaku belum menerima surat permohonan pergantian dari pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul. Sebelumnya, kandidat pengganti almarhum Suhardono, Supriyani Astuti mengaku sudah melengkapi seluruh berkas dan mengajukannya ke DPRD Gunungkidul.

Ketua KPUD Gunungkidul, Zainuri Ikhsan membenarkan bahwa hingga saat ini masih belum ada surat permohonan dari pimpinan DPRD Gunungkidul terkait PAW ke KPUD Gunungkidul. Secara Teknis, Zainuri menerangkkan, jika akan melakukan pergantian anggota Dewan, maka pimpinan DPRD harus mengirimkan surat permohonan kepada KPUD beserta transkip calon yang berpotensi akan menggantikanya. KPUD kemudian berkewajiban untuk menentukan calon pengganti berdasarkan hasil perolehan suara saat pemilihan legislatif dari partai politik yang sama.

“Batas penentuan calon maksimal 5 hari dari diterimanya surat tersebut, kemudian kami kembalikan kepada DPRD yang memiliki waktu 7 hari untuk menindak lanjutinya ke Pemkab, baru kemudian diusulkan kepada Gubernur maksimal 14 hari,” terang Ikhsan, Rabu (21/12/2016) siang.

Ditambahkannya, saat ini ada dasar peraturan baru yang memayungi proses PAW yakni peraturan Gubernur nomor 41 tahun 2016. Pada Pergub ini, terkait PAW, tidak ada satupun lembaga, personal maupun partai politik yang bisa mengintervensi proses PAW.

“Peraturan tersebut sudah diterapkan, dan terus kami sosialisasikan,” tutur dia.

 

Berita Terkait :