Pemerintahan
Bagikan berita :
Rabu, 21 Desember 2016 - 12:34:49 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Kades Cabut Surat Pengunduran Diri, Berkas BPD Dadapayu Dikembalikan Pemkab

Kades Cabut Surat Pengunduran Diri, Berkas BPD Dadapayu Dikembalikan Pemkab
Space Iklan
Aksi demonstrasi yang dilakukan warga Dadapayu di Balai Desa beberapa waktu lalu (Foto by Fajar Risdiyanto)

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Konflik yang terjadi di desa Dadapayu, Kecamatan Semanu hingga saat ini masih terus berlanjut. Di satu sisi, sejumlah warga bersikeras untuk menuntut sang Kepala Desa, Rukamto mundur dari jabatannya, di sisi lain, Rukamto masih enggan lengser. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dadapayu sendiri beberapa waktu lalu sempat mengirimkan usulan pengunduran diri Kepala Desa ke Pemkab Gunungkidul. Namun dalam prosesnya, berkas usulan pengunduran diri tersebut justru dikembalikan oleh Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Gunungkidul.

Kabag Pemdes Kabupaten Gunungkidul Siswanto mengatakan, pengembalian dokumen tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dokumen yang diajukan ke Pemkab tersebut bukan dokumen otentik atau asli, melainkan hanya copyan saja. Pihaknya meminta ada perbaikan sebelum nantinya berkas diajukan kembali.

"Kita harus melihat tingkat kesalahan yang dilakukan Kades Dadapayu, berkas usulan tersebut kita kembalikan untuk dilengkapi," papar Siswanto, Rabu (21/12/2016).

Dia menambahkan, terkait surat pengunduran diri sebagai Kades Dadapayu yang ditandatangani oleh Rukamto pada waktu unjuk rasa beberapa waktu lalu Siswanto mengatakan bahwa, surat tersebut sudah dicabut oleh yang bersangkutan dengan dalih bahwa sang Kades menyetujui dan menandatangani surat tersebut karena berada dalam tekanan.

"Alasan dicabutnya surat pengunduran diri itu karena yang membuat bukan dirinya sendiri," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Dadapayu Rukamto membeberkan bahwa penandatanganan surat pengunduran dirinya lantaran adanya pemaksaan dari warga. Dia menilai hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak melalui mekanisme secara prosedural. Selain itu dia menengarai ada pihak-pihak yang sengaja menjebaknya.

"Itu sudah diskenario, celah-celahnya saya sudah tau. Ada oknum orang dalam sendiri yang sudah tidak cocok dengan saya," beber Rukamto.

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg