Peristiwa
Bagikan berita :
Kamis, 22 Desember 2016 - 13:43:37 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Tebang Jati di Hutan Negara, Seorang Warga Sempat Diamankan Polisi

Tebang Jati di Hutan Negara, Seorang Warga Sempat Diamankan Polisi
Space Iklan
Dua batang pohon jati yang ditebang S (Foto by Fajar Risdiyanto)

Paliyan,(sorotgunungkidul.com)--Aparat dari Polsek Paliyan berhasil menangkap S (34) warga Padukuhan Tahunan, Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan. S digelandang ke Mapolsek Paliyan setelah tertangkap basah mencuri kayu di wilayah hutan Resort Pemangku Hutan (RPH) Menggoro Bagian Daerah Hutan (BDH) Paliyan pada Kamis (22/12/2016) siang.

Kapolsek Paliyan AKP Catur Widodo menjelaskan bahwa penangkapan S berawal saat Mantri RPH setempat yakni Sugimin (53) melaksanakan patroli rutin diwilayah hutan tersebut sekitar pukul 08.00 WIB. Sesampai di lokasi, ia mendengar suara pohon tumbang. Curiga dengan hal tersebut, Sugimin oun berkeliling mencari sumber suara. Saat itulah ia melihat S sedang menggergaji batang pohon jati yang baru saja ia tebang.

"Mengetahui aksinya ketahuan S langsung melarikan diri dan dilakukan pengejaran oleh Sugimin," papar Catur, Kamis siang.

Dia menambahkan, setelah tertangkap pelaku pun langsung digelandang ke Balai Desa dan oleh perangkat desa setempat pelaku langsung diamankan ke Mapolsek Paliyan untuk dilakukan pemeriksaan. Lanjutnya setelah dilakukan pemeriksaan pelaku mengaku mencuri kayu karena ingin membetulkan rumahnya yang sudah rapuh. Pelaku tidak ditetapkan sebagai tersangka karena beberapa pertimbangan dan hanya dilakukan pembinaan.

"Kita amankan 2 batang kayu jati senilai Rp 300 ribu, dan untuk pelaku dikenakan wajib lapor dan membuat surat pernyataan tak mengulangi perbuatannya," tutupnya.

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg