Budaya
Bagikan berita :
Sabtu, 24 Desember 2016 - 11:04:44 | syarief-ahmad / Sorot Gunungkidul

Malam Pergantian Tahun, Pentas Budaya Akbar Ramaikan Alun-Alun Wonosari

Malam Pergantian Tahun, Pentas Budaya Akbar Ramaikan Alun-Alun Wonosari
Space Iklan
Foto Istimewa

Wonosari, (sorotgunungkidul.com)--Kabar gembira bagi warga Gunungkidul yang masih bingung dan belum menentukan acara untuk melewatkan malam Tahun Baru 2017. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunungkidul rencananya akan menggelar pertunjukan seni dan budaya di Alun-Alun Wonosari pada tanggal 31 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017 dinihari.

Sekretaris Disbudpar Kabupaten Gunungkidul Siti Isnaini Dekoningrum menjelaskan, untuk menghibur masyarakat Gunungkidul dalam menyambut perayaan pergantian tahun baru 2017 di Alun-alun kota Wonosari, Disbudpar akan menggelar dua pentas pertunjukan budaya yakni Pentas Sang Juara dan Pentas Kolaborasi Dua Dalang. Menurut Siti, pagelaran seni dan budaya ini tentunya bisa menjadi alternatif bagi warga masyarakat yang ingin merayakan pergantian tahun di pusat kota. Pihaknya sengaja memilih pagelaran budaya sebagai hiburan di malam tahun baru ini guna memperkenalkan kesenian tradisional di kalangan warga masyarakat Gunungkidul.

“Pentas Sang Juara dengan lakon Bebendu dari naskah Bondan Nusantara, akan dipentaskan pukul 20.00 sampai dengan selesai. Sementara Pentas Kolaborasi Dua Dalang yang menghadirkan Fajar Satrio Widayatno dan Gilang Thomas Kumoro akan nulai dipentaskan pada pukul 21.00,” terang Isnaini, Sabtu (24/12/2016) siang.

Ditambahkan Siti, pentas budaya yang digelar bukan main-main. Meski berstatus sebagai seniman lokal, namun prestasi yang ditorehkan oleh para pelaku seni di dua pagelaran yang dipilih tersebut merambah tingkat regional dan bahkan nasional.  Pentas Sang Juara akan menampilkan sutradara, artistik, peran utama pria dan wanita terbaik pada Festival Ketoprak Gunungkidul yang lalu. Sedangkan untuk Kolaborasi Dua Dalang akan menghadirkan Penyaji Lakon Terbaik Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2016 dan Juara nasional Festival Dalang Muda 2016 yang dijamin akan menyajikan pagelaran yang bermutu tinggi.

“Mari, masyarakat Gunungkidul untuk turut meramaikan dan menikmati pentas pagelaran budaya, yang akan dipentaskan di penghujung tahun 2016 mendatang,” pungkasnya.

 

 

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg