Peristiwa
Bagikan berita :
Sabtu, 24 Desember 2016 - 15:10:21 | syarief-ahmad / Sorot Gunungkidul

Bentuk Moral Hindari Kenakalan, Orang Tua Wajib Jadi Sahabat Anak

Bentuk Moral Hindari Kenakalan, Orang Tua Wajib Jadi Sahabat Anak
Space Iklan
Suasana seminar parenting (Foto by Syarief Ahmad)

Wonosari, (sorotgunungkidul.com)--Moral dan akhlak merupakan elemen penting untuk menunjukan kepribadian seseorang. Namun di balik pentingnya kedua hal tersebut, belakangan ini sudah cukup sulit untuk ditemukan. Banyak orang yang justru mengesampingkan pendidikan moral dan akhlak dan digantikan dengan pengetahuan lainnya yang dianggap lebih penting.

Apalagi di era keterbukaan informasi dan kecepatan teknologi saat ini, akan sangat memungkinkan berdampak pada kepribadian dan menjadikan nilai-nilai luhur yang sudah menjadi kearifan lokal masyarakat tergerus oleh globalisasi. Sudah tidak bisa dipungkiri, era globalisasi ketika tidak terfilter dengan baik akan berdampak negative terutama terhadap kepribadian akan-anak maupun generasi muda. Oleh karena itu, dalam rangka membentengi putra-putri Gunungkidul yang dinilai banyak sudah kehilangan akhlak dan moralnya, Persaudaraan Salimah cabang Gunungkidul menggelar seminar Parenting di Bangsal Swokoprojo, Sabtu (24/12/2016) siang.

Salah seorang panitia acara, Eni Triani Yuliana mengungkapkan bahwa acara ini merupakan wujud dari keprihatinan pihaknya dalam melihat perkembangan anak dan generasi muda yang saat ini terjadi di lingkungan kita. Eni melihat bahwa peran orang tua begitu penting dalam hal memberikan pendidikan, tak hanya secara formal saja akan tetapi juga dalam hal pendidikan moral. Saat ini yang menjadi masalah adalah sudah begitu familiernya internet di kalangan remaja. Meski banyak hal positif yang bisa dipetik, namun dengan akses informasi yang seakan tak terbatas, tentunya perlu proses penyaringan informasi. Di sinilah perang orang tua terutama ibu begitu penting.

“Nantinya Ibu-ibu akan dididik untuk menjadi filter utama bagi anak-anaknya saat bermain medsos ataupun berselancar di dunia maya. Supaya tidak kebablasan dan tetap menjaga etika dan moralnya,” tutur Eni, Sabtu (24/12/2016) siang.

Ditambahkan Eni, agar bisa berefek maksimal, tentunya diperlukan pendekatan-pendekatan khusus terhadap anak maupun remaja. Dengan pendekatan yang baik, maka si anak bisa terbuka terhadap orang tua. Atas pertimbangan inilah kemudian seminar ini mengambil tema ‘my parent’s my friend’. Dengan strategi-strategi, tips, langkah dan pendekatan maka seorang ibu bisa terlatih dalam melakukan upaya mengedukasi, mengarahkan dan memecahkan permasalahan anak.

“Harapan kita, ibu sebagai orang terdekat nantinya bisa berperan sebagai sahabat bagi anak-anaknya” terang Eni.

Hadir sebagai pembicara dalam acara seminar parenting ini, dosen Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Nina Situmorang, serta konselor sosial Ustad Cahyadi.

 

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg