Sosial
Bagikan berita :
Sabtu, 31 Desember 2016 - 02:27:26 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Dianggap Sudah Tak Layak Pakai, Dinkes Ajukan Pengadaan Mobil Puskesmas Keliling Miliaran

Dianggap Sudah Tak Layak Pakai, Dinkes Ajukan Pengadaan Mobil Puskesmas Keliling Miliaran
Space Iklan
Ilustrasi mobil puskesmas keliling (Foto by google)

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Pada tahun 2017 mendatang Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul mengajukan pembelian mobil Puskesmas Keliling (Pusling) baru. Hal tersebut dilakukan mengingat peran sebuat sarana prasarana mobil Pusling dirasa sangat krusial.

Dalam rancangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2017, Dinkes mengajukan anggaran hingga miliaran rupiah untuk pengadaan mobil Puskesmas Keliling. Sebanyak 5 Puskesmas diusulkan untuk mendapat jatah peremajaan mobil Pusling. Kelima Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Patuk 1 dan 2, Gedangsari 1 dan 2, serta Wonosari 2. Sekedar informasi, dalam pengajuan anggaran tersebut, satu mobil dihargai sebesar Rp 260 juta.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan bahwa peran sebuah mobil Pusling sangat krusial. Mobil Pusling adalah sarana prasarana pelayanan yang dipergunakan petugas untuk terjun langsung ke masyarakat, seperti misalnya untuk pelayanan ke Posyandu di setiap Kecamatan. Menjadi sangat penting lantaran pelayanan kesehatan merupakan salah satu pelayanan publik yang harus diutamakan,

"Kami berharap pengajuan tersebut bisa di acc," pintanya ketika dihubungi sorotgunungkidul.com, Jumat (30/12/2016).

Dia menambahkan, memang sebenarnya tidak hanya beberapa puskesmas yang membutuhkan mobil Puskesmas keliling tersebut. Namun seluruh puskesmas yang ada di seluruh Kabupaten Gunungkidul memang perlu dilakukan peremajaan mobil Pusling, mengingat kondisinya sudah sangat tua dan sebenarnya sudah tidak layak pakai.

"Pengajuan tersebut tentunya sangat tergantung kemampuan keuangan Pusat dan Daerah," katanya.

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg