Pendidikan
Bagikan berita :
Sabtu, 31 Desember 2016 - 09:44:10 | syarief-ahmad / Sorot Gunungkidul

Standar Kelulusan Anyar Sebentar Lagi Bakal Diterapkan

Standar Kelulusan Anyar Sebentar Lagi Bakal Diterapkan
Space Iklan
ilustrasi by net

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia pada tahun 2017 mendatang pemerintah akan menerapkan sistem baru sebagai standar kelulusan yakni Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN).

Hal ini menyikapi dari usulan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy yang berencana mengeluarkan kebijakan moratorium Ujian Nasional (UN) karena dinilai tidak efektif sebagai standar kelulusan para siswa.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Sukito mengatakan, sistem yang nanti akan diterapkan sekolah sebagai standar kelulusan yaitu Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) sebagai pengganti ujian sekolah.

“UN tetap ada, tapi mata pelajaran yang diujikan nanti akan ada perubahan. Dan USBN juga tahun ini akan mulai dicoba sebagai pengganti ujian sekolah,” terang Sukito, Sabtu (31/12/2016).

Ia menambahkan, untuk perubahan mata pelajaran UN Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diujikan yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan satu mata pelajaran sesuai jurusan siswa. Sedangkan untuk SMK yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan teori kejuruan.

Sementara teknis USBN mata pelajaran yang diujikan untuk SMA yakni Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Sejarah Umum dan 3 mata pelajaran sesuai dengan studi kejurusan siswanya. Sedang untuk SMK yakni Pendidikan Agama, PKN dan ketrampilan komputer.

“Untuk soal kami belum tahu. Kalau jadwal yang kami terima UN SMK akan dilaksanan 3-6 April 2017 dan SMA 10-13 April 2017. Ini hasil Rakor di Jakarta, masih schedul sifatnya, dan masih bisa berubah,” pungkas Sukito.

 

Berita Terkait :