Pemerintahan
Bagikan berita :
Rabu, 04 Januari 2017 - 10:44:09 | syarief-ahmad / Sorot Gunungkidul

Mutasi Pejabat, Ini Nomenklatur Dinas yang Berubah

Mutasi Pejabat, Ini Nomenklatur Dinas yang Berubah
Space Iklan
Pelantikan Pejabat di lingkungan Pemkab Gunungkidul

Wonosari, (sorotgunungkidul.com)-- Bertempat di bangsal Sewokoprojo, Selasa (3/01/2017) kemarin, Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.sos secara resmi melakukan perombakan besar-besaran di tubuh Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul. Perombakan tersebut menghasilkan beberapa perubahan nomenklatur dengan pemecahan dan peleburan pada dinas-dinas tertentu.

Langkah itu diambil sebagai upaya dari pemerintah untuk mengoptimalkan kinerja dan memfokuskan pada bidang garapan, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dengan cepat dan tepat. Beberapa dinas yang mengalami pemecahan diantaranya Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) menjadi Dinas Sosial yang dikepalai oleh Siwi Iriyanti dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi yang masih dijabat oleh Dwi Warna.

Kemudian, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) dipecah menjadi Dinas Kebudayaan yang hingga saat ini posisi kepala dinas masih kosong, dan Dinas Pariwisata yang dikepalai oleh Saryanto. Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) menjadi Dinas Pertanian dan Pangan dikepalai oleh Bambang Wisnu Broto dan Dinas Peternakan. Selanjutnya, Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) dipecah menjadi Dinas Perhubungan yang tetap dijabat oleh Purnamajaya dan Dinas Komunikasi Informasi yang saat ini posisi kepala dinas masih kosong.

Adapun dinas yang hilangkan adalah Dinas Kehutanan dan Perkebunan menjadi Dinas Lingkungan Hidup yang dijabat oleh Khairudin.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah, Sigit Purwanto, mengatakan pemecahan dan peleburan dinas tersebut memang sudah sesuai dengan petunjuk pemerintah dan berdasarkan kriteria karakteristik daerah.

“Perubahan nomenklatur itu sudah sesuai dengan petunjuk pemerintah tentang perangkat daerah,” tutur Sigit, saat ditemui seusai pelantikan, Selasa (2/01/2017).

Sigit menambahkan, untuk dinas yang belum memiliki pejabat kepala masih akan dikoorinasikan dan menunggu instruksi Bupati. Pihaknya meyakinkan, pengisian pejabat sekelas kepala dinas pasti akan dilakukan secara lelang terbuka.

“Kita masih menunggu instruksi dari bupati, tapi pasti akan dilakukan secara terbuka, seperti sekda kemarin,” jelas Sigit.

Terpisah, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Dwi Warna mengatakan, dengan dipecahnya dinas yang ia pimpin, pihaknya justru lebih fokus dengan bidang garapan yang sudah terspesifik. Pemecahan itu menurut Dwi juga sudah sesuai karena menilai bidang garapan Dinas Sosial yang begitu banyak.

“Ini berat, karena disamping garapan saya menjadi sedikit tetapi itu akan membutuhkan target capaian lebih,” kata Dwi.

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg