Pemerintahan
Bagikan berita :
Rabu, 04 Januari 2017 - 14:08:54 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Percepat Pemasangan dan Pelayanan, PDAM Tirta Handayani Terapkan GIS

Percepat Pemasangan dan Pelayanan, PDAM Tirta Handayani Terapkan GIS
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Gunungkidul, Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Handayani terus melakukan inovasi. Salah satu bentuknya yang sudah mulai dijalankan yakni penerapkan Geografik Informasi System (GIS).

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Isnawan Fibrianto menjelaskan bahwa, GIS adalah salah satu program untuk mengetahui letak pipa dan jumlah pelanggan yang ada. GIS tersebut adalah sebuah server yang baru-baru ini sudah diterapkan di beberapa wilayah seperti Kecamatan Wonosari dan Semanu.

"GIS ini diterapkan secara online, jadi seluruh pelanggan, pencurian air, maupun yang tidak membayar tepat waktu akan terlihat melalui system GIS tersebut," paparnya, Rabu (04/01/2016).

Dia menambahkan, selain untuk mengetahui beberapa hal tersebut, GIS juga merupakan program untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Yakni jika ada masyarakat yang ingin mendaftar sebagai pelanggan saat itu juga bisa terlayani.

"One day one service sekarang ingin langganan langsung bayar pendaftaran, kita kerjakan dan langsung selesai, karena dengan menggunakan GIS dengan mudah kita mengetahui letak si calon pelanggan dari pipa terdekat,"imbuhnya.

Dalam penerapan program GIS pihaknya juga sudah mempersiapkan petugas khusus yang dilatih. Hal tersebut dilakukan untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kemudahan, kecepatan, dan ketepatan itu yang harus lebih kita tingkatkan," ucap dia

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg