Wisata
Bagikan berita :
Kamis, 05 Januari 2017 - 16:19:13 | renna-anggabenta / Sorot Gunungkidul

Tahun Ini, Obyek Wisata di Bagian Utara Akan Lebih Diperhatikan

Tahun Ini, Obyek Wisata di Bagian Utara Akan Lebih Diperhatikan
Space Iklan
Curug Gedhe, salah satu obyek wisata di bagian utara Gunungkidul (Foto doc.sorot)

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Tak bisa dipungkiri, capaian pendapatan retribusi sebesar 24,1 Miliar sepanjang tahun 2016 yang diraup Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul mayoritas merupakan sumbangan dari kawasan wisata Pantai Selatan. Obyek-obyek wisata pantai begitu jumawa mendominasi perolehan jumlah pengunjung maupun pendapatan retribusi.

Jomplangnya perbandingan perkembangan dan pengembangan pariwisata antara kawasan barat dan selatan ini menjadi salah satu perhatian khusus bagi Dinas Pariwisata Gunungkidul dalam merumuskan program kerja pada tahun 2017 ini. Sejumlah langkah mulai dipersiapkan guna semakin mengembangkan obyek-obyek pariwisata di bagian utara Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Hari Sukmono menyadari bahwa beban wilayah selatan pada bidang pariwisata Gunungkidul memang sangat besar dan bahkan cukup berlebihan. Hampir seluruh wisatawan menjadikan pantai menjadi destinasi utama mereka.

“Kita menginginkan hal ini bisa diubah. Karena kawasan utara juga ada banyak destinasi wisata yang cukup indah,” ujar pejabat yang baru saja dilantik ini, Kamis (05/01/2017).

Penggarapan obyek-obyek wisata di kawasan utara ini menurut Hari menjadi salah satu program Dinas Pariwisata yang baru terbentuk ini. Kawasan seperti Mertelu, Gedangsari; Gunung Gambar, Ngawen, dan lain-lainnya bak mutiara yang belum terasah dengan sempurna.

Menurut dia, karakteristik wilayah utara yang kental dengan obyek wisata alam memang memerlukan penanganan khusus. Tak hanya mengedepankan pengembangan berbasis sarana dan prasarana saja, akan tetapi faktor kelestarian alam yang menjadi modal utama juga harus dijaga.

“Saya yakin jika nantinya berkembang dengan baik, maka pemerataan kesejahteraan masyarakat juga bisa terangkat karena ada aktifitas ekonomi,” lanjut dia.

 

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg