Pemerintahan
Bagikan berita :
Jumat, 06 Januari 2017 - 13:16:30 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

Hasil Sidak Dinas, Puluhan Angkutan Umum Ditemukan Tak Laik Jalan

Hasil Sidak Dinas, Puluhan Angkutan Umum Ditemukan Tak Laik Jalan
Space Iklan
Ilustrasi bus di terminal Dhaksinarga (Foto doc sorot)

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Armada bus yang mangkal di kawasan Terminal Dhaksinarga terpantau masih kurang laik jalan. Hal ini tentunya menjadi sangat berbahaya untuk keselamatan penumpang. Pasalnya hasil dari beberapa sidak yang dilakukan Dinas Perhubungan ditemukan puluhan kendaraan yang dianggap tidak layak jalan.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul, Kuncoro Budi Santoso mengakui, kondisi kendaraan angkutan di Gunungkidul banyak yang kurang baik Pihaknya melarang bus tak layak untuk beroperasi sebab berpengaruh terhadap keselamatan penumpang.

"Kepada bus yang tak layak jalan, kami himbau untuk segera memperbaiki agar mendapatkan surat izin perpanjangan KIR," katanya, Jumat (06/02/2016).

Kuncoro menegaskan, pelarangan terhadap bus-bus yang tak layak jalan merupakan harga yang tak bisa ditawar-tawar. Untuk mewujudkan target ini, pihaknya melakukan berbagai pengecekan untuk memastikan bahwa kendaraan angkutan layak jalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

"Kami tidak main-main. Kalau bus tersebut sudah kami tegur untuk diperbaiki tapi masih bandel, kami akan melarang bus tersebut untuk beroperasi," tegasnya.

Kuncoro menjelaskan, jika mendapati bus tak layak jalan, ia akan melayangkan surat ke pemilik agar segera dilakukan perbaikan. Tanpa adanya perbaikan tersebut, pengurusan KIR tidak akan dilayani sehingga bus tidak bisa beroperasi. Namun jika tetap beroperasi, pihaknya tidak segan-segan akan mengajukan pencabutan izin.

Adapun catatan-catatan kendaraan yang kurang layak jalan, diantaranya kaca retak, rem tangan tidak berfungsi dengan baik, wiper mati dan ban halus. Bahkan ia kerap menemukan adanya perubahan transmisi kendaraan bus dari manual menjadi otomatis.

"Padahal kami sudah rutin lakukan pemeriksaan tapi selalu ditemukan kendaraan yang tidak layak. Upaya yang kami lakukan ini demi mengurangi angka kecelakaan di jalan," tuturnya.

Berita Terkait :