Wisata
Bagikan berita :
Minggu, 08 Januari 2017 - 12:18:38 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Pantai Sendahan, Satu Lagi Berlian Mentah Dari Ujung Selatan Gunungkidul

Pantai Sendahan, Satu Lagi Berlian Mentah Dari Ujung Selatan Gunungkidul
Space Iklan
Asrinya pemandangan di Pantai Sendahan (Foto by Fajar Risdiyanto)

Girisubo,(sorotgunungkidul.com)--Kawasan selatan Gunungkidul dinugerahi dengan puluhan pantai-pantai yang sangat indah. Dari jumlah tersebut, banyak diantaranya yang belum terekspose lantaran belum adanya pengembangan maupun masih belum memadainya fasilitas dan sarana serta prasarana wisata.

Hal ini tentunya menjadi potensi besar layaknya berlian yang belum terasah. Pantai tersembunyi tersebut sangat layak disebut wisata minat khusus yang wajib dikunjungi.

Pantai Sendahan, salah satu pantai yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo adalah salah satu pantai diantara sekian banyak pantai tersembunyi yang masih belum diketahui banyak orang. Hal tersebut terjadi lantaran letak pantai yang satu ini sangatlah sulit dijangkau oleh para wisatawan, membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus extra sabar untuk sampai di pantai yang terletak di kecamatan paling ujung di kabupaten Gunungkidul ini.

Untuk sampai di Pantai Sendahan ini dibutuhkan 3 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta atau 2 jam perjalanan dari pusat kota Wonosari menggunakan sepeda motor maupun mobil. Tak hanya itu untuk sampai ke lokasi pantai lagi-lagi wisatawan harus mengeluarkan usaha ekstra. Hal ini harus dilakukan lantaran jalur ke pantai hanya bisa bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Jalan setapak berjarak sekitar 1 setengah kilometer menjadi tantangan bagi seorang wisatawan berjiwa petualang. Melewati ladang-ladang milik warga dengan suguhan berbagai macam tanaman palawija khas Gunungkidul menjadi sesuatu pengalaman berbeda ketika mengunjungi surga tersembunyi yang dinamakan Pantai Sendahan tersebut. Tak hanya itu gugusan gunung karst yang tersaji disepanjang jalan menjadi pemandangan yang sangat memanjakan mata dan cukup ampuh dalam menyegarkan pikiran setelah suntuk dengan sibuknya suasana perkotaan.

Kepenatan dan letihnya saat menempuh perjalanan yang begitu lama pun langsung terbayar lunas ketika sampai di lokasi pantai Sendahan. Hamparan pasir putih bersih, gugusan batu karang dan deburan ombak langsung tersaji saat kita tiba di lokasi bibir pantai. Suasana yang masih sepi dan belum banyak pengunjung menjadikan pengunjung yang datang seperti memiliki pantai dan resort pribadi. Tak cukup sampai di situ, udara yang sejuk dan lokasi bersih tanpa adanya sampah membuat para penikmat wisata pantai dijamin bakalan betah berlama-lama.

"Masyarakat Gunungkidul patut bangga mempunyai kekayaan alam seperti pantai yang sangat berpotensi besar untuk menjadiikan Kabupaten Gunungkidul terkenal seperti Pulau Bali," ujar Andri (20) salah satu Mahasiswa perguruan tinggi asal Yogyakarta yang ditemui saat berkunjung ke Pantai Sendahan, Minggu (08/01/2016) siang.

Wisatawan lainnya yakni Fahmi warga kota Semarang yang sengaja mencari pantai yang masih alami dan sepi mengatakan, kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kelestarian alam merupakan salah satu kunci untuk melestarikan dan mengembangkan kawasan pantai. Jika dikelola secara baik, pantai-pantai seperti Pantai Wediombo, Jungwok, dan Greweng ia sebut sangat layak dijadikan sebagai wisata pantai minat khusus.

"Kalau saya lebih suka jika Pantai Sendahan tetap dibuat alami seperti ini, bukan tidak mungkin jika tersentuh pembangunan justru akan membuat rusak lingkungan kawasan tersebut," urainya.

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg