Pemerintahan
Bagikan berita :
Senin, 09 Januari 2017 - 13:56:51 | syarief-ahmad / Sorot Gunungkidul

Ratusan LPJU Baru Tahun Ini Akan Terangi Jalanan Gunungkidul

Ratusan LPJU Baru Tahun Ini Akan Terangi Jalanan Gunungkidul
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari, (sorotgunungkidul.com)--Menanggapi keluhan warga masyarakat mengenai adanya jalur-jalur yang rawan kecelakaan lantaran minimnya penerangan jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul mengaku sudah mempersiapkan penambahan puluhan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). Dana hingga mencapai miliaran rupiah pun sudah dipersiapkan guna merealisasikan rencana tersebut.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dishub Gunungkidul Sunarjo, menyatakan bahwa tahun 2017 ini pihaknya akan melakukan pemasangan 94 LPJU di berbagai titik di Gunungkidul. Dari jumlah tersebut, juga akan dilakukan penambahan 16 LPJU yang menggunakan tenaga surya. Lampu penerangan jalan ini nantinya akan menyasar di beberapa lokasi yang dinilai mendesak untuk dilakukan penerangan.

“Memang ada banyak wilayah yang memerlukan penambahan LPJU, setiap tahun kita tambah memang,” ujar Sunarjo, Senin (09/01/2017) siang.

Ia menambahkan tahun 2015, Dishub yang kala itu masih bernama Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi menyatakan sudah memasang 63 LPJU untuk jalan kabupaten dengan penambahan 23 dari propinsi untuk menerangi jalan propinsi. Sedangkan di tahun 2016 kemarin pihaknya juga sudah memasang 74 LPJU dengan penambahan 38 LPJU di jalan propinsi.

Sementara, disinggung mengenai titik-titik yang menjadi prioritas pemasangan LPJU di tahun 2017 ini, Sunarjo menjelaskan pihaknya belum bisa memastikan dimana saja titik-titiknya. Ia berdalih bahwa sejauh ini, pihaknya masih disibukan dengan penataan kelembagaan yang sekarang sudah berubah. Namun demikian, ia menyebut bahwa salah satu jalur yang menjadi prioritas adalah di Jalan Wonosari – Semanu. Di jalur ini pihaknya telah melakukan survei.

“Jalur itu merupakan jalan nasional, tapi kami sudah mengusulkan untuk pemasangan di sana melalui Satuan Kerjanya yang di Gunungkidul,” beber dia.

Rencana pengadaan LPJU nantinya harus melalui pelelangan yang rencananya akan dilakukan pada triwulan pertama ini. Ketika disinggung anggaran, Sunarjo menjelaskan anggaran yang digunakan biasanya bukan hanya fokus pada lampu penerangan jalan saja tetapi juga digunakan untuk paku marka dan rambu-rambu lalu lintas yang lain.

“Tahun kemarin 1.8 miliar, tetapi itu bukan hanya pengadaan penerangan saja,” tuturnya.

 

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg