Ekonomi
Bagikan berita :
Senin, 09 Januari 2017 - 14:04:40 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

Tak Hanya Cabai, Beberapa Komoditas Juga Alami Kenaikan Harga

Tak Hanya Cabai, Beberapa Komoditas Juga Alami Kenaikan Harga
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Awal tahun 2017 ini bisa disebut sebagai awal yang berat bagi masyarakat. Sejumlah harga barang kebutuhan berangsur-angsur mengalami kenaikan. Setelah dikagetkan dengan kenaikan beberapa jenis bahan bakar minyak, dan disusul dengan melejitnya harga cabai, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasaran pun juga mengalami kenaikan.

Seperti yang terjadi di Pasar Argosari misalnya, harga sejumlah kebutuhan pangan di Gunungkidul merangkak naik sejak seminggu terakhir ini. Sama seperti cabai, pedagang sembako pun tak mau mengambil resiko rugi dan memilih mengurangi stok mereka mengingat setiap kali terjadi kenaikan juga diikuti dengan anjloknya omset penjualan.

Hasti, salah seorang pedagang di Pasar Argosari, Wonosari menyebutkan, kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan yakni gula pasir dan minyak goreng. Sementara untuk harga kebutuhan pokok lain relatif tidak mengalami perubahan.

"Harga gula pasir semula Rp 13 ribu per kilogram naik menjadi Rp13.500 atau naik Rp 500. Sementara minyak goreng normalnya 12 ribu per liter kini naik sebesar Rp 5.000 menjadi 17 ribu," jelas dia.

Meski ditengah hebohnya kenaikan harga cabai dan bahan pangan, harga telur ayam justru mengalami penurunan. Jika biasanya satu kilogram dihargai Rp 21 ribu sekarang menjadi Rp 19 ribu.

"Banyak yang nggak tahu kemudian pas belanja harga pada naik, ya mengeluh, kok bisa naik. Kita sebagai pedagang bisa apa, hanya bisa menerima saja," ucap Hasti.

 

Berita Terkait :