Pemerintahan
Bagikan berita :
Selasa, 10 Januari 2017 - 12:11:59 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Dewan Kecewa, Dua Kepala Dinas Rapor Merah Dipertahankan Bupati

Dewan Kecewa, Dua Kepala Dinas Rapor Merah Dipertahankan Bupati
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Langkah petinggi di Pemkab Gunungkidul dalam kebijakannya melakukan rotasi pejabat di Dinas baru saat perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mendapat sorotan dari anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul. Dua Dinas yang berperan sangat krusial untuk kemajuan Gunungkidul dan dinilai kurang berprestasi baik justru para pejabatnya dipertahankan.

Hal ini sangat mengejutkan lantaran pejabat di dua dinas tersebut yakni Disdikpora Gunungkidul dan Dinas Kesehatan Gunungkidul seringkali mendapat kritikan lantaran kinerjanya kurang maksimal selama menjabat. Minimnya prestasi serta banyaknya keluhan dari warga masyarakat menjadi parameter yang sebenarnya bisa dijadikan salah satu pertimbangan pemerintah dalam merumuskan kebijakan penggantian pejabat.

Anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hudi Sutamto menilai, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) seharusnya dilakukan pergantian pejabat. Hal ini dikarenakan dari tahun ke tahun, keduanya tidak menunjukan prestasi yang baik. Ia mempertanyakan mengapa Pemkab tidak mengganti para Kepala Dinas tersebut dengan pejabat yang mempunyai kompetensi maupun prestasi lebih.

"Sangat disayangkan memang karena sebenarnya pergeseran tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi Bupati untuk memperbaiki Gunungkidul. Tapi mau bagaimana lagi, itu kan hak prerogeratif eksekutif," keluhnya, Selasa (10/01/2016) siang.

Hal yang mendasari kekecawaan Hudi adalah prestasi pendidikan Kabupaten Gunungkidul selalu di urutan terbuncit dibandingkan Kabupaten lainnya seperti Kabupaten Sleman dan Bantul. Jebloknya prestasi pendidikan tentunya menjadi tanggung jawab Kepala Dinas yang ia anggap tidak mampu bekerja dengan maksimal.

Selain itu pelayanan Kesehatan di beberapa instansi pemerintah seperti Puskesmas memang seringkali dikeluhkan masyarakat. Keluhan-keluhan tersebut seharusnya harus dievaluasi untuk perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang perlu diperbaiki, baik perbaikan revolusi dari bawahan hingga atasannya.

"Apapun bentuk programnya memang seharusnya harus berorientasi pada kemajuan baik di pendidikan maupun pelayanan kesehatan. Revolusi pergantian para pejabat itu sangatlah krusial, jangan dibebani dan tertekan oleh apapun, harus profesional," ucap politisi PKS tersebut.

Lanjutnya, ke depan Bupati Gunungkidul masih ada kesempatan dan peluang untuk penataan ulang pejabat yang kurang proporsional di tubuh beberapa SKPD. Hak Pemkab tersebut memang seharusnya dipergunakan dengan sebaik-baiknya mengingat pada jabatan yang diemban Bupati pada periode selanjutnya.

"Jangan sampai di tahun 2017 ini prestasi pendidikan kembali menorehkan hasil minus, dan pelayanan di instansi kesehatan menjadi keluhan masyarakat," ucap dia kesal.

Berita Terkait :