Peristiwa
Bagikan berita :
Selasa, 10 Januari 2017 - 18:42:31 | renna-anggabenta / Sorot Gunungkidul

Angin Kencang Mengamuk di Playen, Puluhan Pohon Tumbang, Belasan Bangunan Rusak

Angin Kencang Mengamuk di Playen, Puluhan Pohon Tumbang, Belasan Bangunan Rusak
Space Iklan
Petugas dan warga mengevakuasi pohon besar yang tumbang akibat angin kencang (Foto by Renna Anggabenta)

Playen,(sorotgunungkidul.com)--Hujan dan angin kencang mengamuk di Desa Banyusoca, Kecamatan Playen pada Selasa (10/01/2017) siang. Belasan bangunan kios maupun rumah warga rusak akibat kejadian tersebut. Tak ada korban jiwa maupun luka, namun demikian kerugian mencapai belasan juta rupiah.

Wakapolsek Playen, Iptu Teguh Santoso menerangkan, peristiwa bermula saat hujan deras terjadi di wilayah Banyusoca, Kecamatan Playen. Sekira pukul 13.30 WIB, angin kencang mulai berhembus dan menyapu wilayah di 4 padukuhan yaitu Padukuhan Banyusoca, Ketangi, dan Kedungwanglu. Hembusan angin yang sangat kuat tersebut menyebabkan puluhan pohon tumbang.

“Angin memang berhembus sangat kencang dengan intensitas waktu yang cukup lama sehingga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang,” ujar Teguh, Selasa sore.

Pohon yang tumbang tersebut sempat menimpa rumah warga. Tak hanya itu, pohon tumbang juga terjadi hampir di smeua jalan padukuhan di Ketangi dan sebelah barat Balai Padukuhan Banyusoco.

Ia beberkan lebih lanjut, adapun rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon adalah rumah milik Samidi, Mugiyo, Seno, dan Karno, kesemuanya warga Padukuhan Ketangi, Desa Banyusoca, Kecamatan Playen. Sementara di Padukuhan Banyusoca, sebuah rumah milik Sumirin rusak oleh hal serupa. Selain rumah warga, angin kencang juga merusak 10 unit kios desa setempat.

“Kebanyakan rusak di bagian atap. Estimasi kerugian bisa mencapai puluhan juta mengingat ada cukup banyak bangunan yang rusak,” papar Teguh.

Aliran listrik di 3 padukuhan yang diamuk angin kencang untuk sementara terputus setelah jaringan instalasi listrik rusak tertimpa pohon tumbang.

Hingga berita ini dilansir, warga masyarakat setempat yang dibantu dengan aparat kepolisian dari Polsek Playen dan Polres Gunungkidul yang dipimpin Kapolsek Playen AKP Wahyono Heru masih berjibaku mengevakuasi pohon-pohon yang tumbang.

 

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg