Sosial
Bagikan berita :
Rabu, 11 Januari 2017 - 00:28:23 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

Meski Kurang Higienis, Warga Miskin Gunungkidul Masih Banyak Gunakan WC Cemplung

Meski Kurang Higienis, Warga Miskin Gunungkidul Masih Banyak Gunakan WC Cemplung
Space Iklan
Fasilitas toilet warga miskin di Gunungkidul yang masih cukup memprihatinkan (Foto by Tsaniyah Faidah)

Semin,(sorotgunungkidul.com)--Program jambanisasi yang dirancang pemerintah sejak beberapa waktu terakhir rupanya masih belum menyentuh semua lapisan masyarakat. Di Gunungkidul sendiri, terpantau masih banyak warga yang menggunakan WC cemplung. Secara kesehatan, WC jenis ini tentunya kurang higienis dan cukup beresiko mengundang penyakit..

Seperti yang terjadi di Desa Rejosari, Kecamatan Semin, ratusan warga terpantau belum memiliki fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) yang dikatgeorikan layak. Mereka tidak menggunakan toilet standar dengan fasilitas kloset, melainkan membuat galian di tanah untuk pembuangan tinja.

Salah seorang warga, Sutiyem mengaku, sudah sejak dulu menggunakan WC cemplung. Ia mengaku terpaksa menggunakan WC cemplung lantaran terkendala biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat toilet dengan standar kesehatan yang ditentukan pemerintah.

Meski sudah cukup lama menggunakan WC cemplung, ia merasa tak berpengaruh dengan kesehatannya alias tidak pernah merasa sakit hanya karena menggunakan WC cemplung.

"Saya nggak bisa bikin wong penghasilan saja cuma cukup buat makan sehari-hari," ujarnya, Selasa (10/01/2017) petang.

Begitupun dengan warga lainnya, Ratri, yang mengatakan sudah terbiasa sejak lama menggunakan WC cemplung sebagai tempat pembuangan tinja. Selain karena keterbatasan biaya untuk membuat WC sehat, menggunakan WC cemplung dirasa tidak memerlukan banyak air yang dibuang. Hal ini lantaran daerahnya termasuk wilayah yang memiliki persediaan air sedikit.

"Kalau ada bantuan WC yang bagus sih tidak apa-apa. Tapi kalau tidak ya mau bagaimana lagi, kami juga sudah terbiasa pakai WC cemplung," ujarnya.

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg