Sosial
Bagikan berita :
Kamis, 12 Januari 2017 - 01:13:51 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

WC Cemplung Dianggap Membahayakan Kesehatan, Dewan Minta Bantuan Pemerintah

WC Cemplung Dianggap Membahayakan Kesehatan, Dewan Minta Bantuan Pemerintah
Space Iklan
Contoh fasilitas BAB warga msyarakat Gunungkidul yang masih memprihatinkan (Foto by Tsaniyah Faidah)

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Masih banyak warga di Kabupaten Gunungkidul yang terpantau masih belum bebas dari masalah Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Padahal, menteri kesehatan telah mencanangkan bebas BABS, termasuk di Gunungkidul, untuk membebaskan daerah ini dari praktik buang air besar sembarangan.

Meski tergolong sebagai hal yang cukup sepele, namun tentunya hal ini harus menjadi perhatian pemerintah. Apalagi hal ini merupakan program dari pusat sehingga sudah menjadi tugas dan kewajiban bagi pemerintah untuk ikut peduli dan memberikan alokasi dana khusus guna meminimalisir hal ini.

Ketua Komisi D DPRD Gunungkidul, Dodi Wijaya mengakui, masih banyak warga di Gunungkidul terutama di kawasan pinggiran yang buang air besar di tempat yang tidak layak. Tidak hanya BAB di WC cemplung yang masih banyak ditemukan di rumah-rumah warga kurang mampu, tetapi juga di ladang dan sungai.

"Padahal WC cemplung itu tidak higenis. Tidak hanya berdampak pada diri sendiri tetapi juga pada warga lain, sebab baunya akan menyebar dan sangat mengganggu serta tentunya mengundang penyakit," katanya, Rabu (11/01/2017) petang.

Dodi melanjutkan, sebagian besar warga menggunakan WC cemplung lantaran terkendala biaya. Mereka lebih memilih menggunakan uangnya yang terbatas untuk kebutuhan sehari-hari ketimbang membuat wc yang baik. Selain itu, wc cemplung dirasa lebih praktis sehingga malas untuk menggunakan wc dengan toilet.

"Bantuan berupa WC yang layak saya rasa tetap harus dilanjutkan karena masih banyak warga yang membutuhkan. Minimal bantuan bahan material lah, nanti warga gotong-royong membangun WC yang layak," jelas Dodi.

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg