Hukum/Kriminal
Bagikan berita :
Kamis, 12 Januari 2017 - 11:24:32 | renna-anggabenta / Sorot Gunungkidul

Kasus Temuan Bayi Diusut Polisi, Penjara 7 Tahun Menanti Pelaku

Kasus Temuan Bayi Diusut Polisi, Penjara 7 Tahun Menanti Pelaku
Space Iklan
Bayi cantik yang ditemukan usai dibuang di depan rumah bidan (Foto by Tsaniyah Faidah)

Tanjungsari,(sorotgunungkidul.com)--Aparat kepolisian terus mengusut kasus pembuangan bayi yang terjadi di Padukuhan Glagah, Desa Kemiri, Kecamatan Tanjungsari pada Selasa (10/01/2017) malam lalu. Jika nantinya bisa diungkap, pelaku pembuangan bayi sendiri sesuai perundangan yang berlaku terancam hukuman hingga 7 tahun penjara.

Kapolsek Tanjungsari, AKP Basuki menuturkan, ia sudah memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk bergerak melakukan penelusuran. Untuk sementara, penyelidikan difokuskan ke wilayah hukum Tanjungsari.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan pelaku pembuangan bayi apakah warga setempat atau bukan, Basuki mengaku belum bisa memastikan.

“Kita sedang kumpulkan informasi. Bhabinkamtibmas, intel serta unit reserse sudah kita kerahkan untuk melakukan pengusutan. Termasuk diantaranya untuk mendapatkan informasi perihal adanya warga yang hamil dan tiba-tiba kempes atau bagaimana. Seluruh informasi kami kumpulkan dan akan dianalisa,” urai Basuki, Kamis (12/01/2017) siang.

Basuki mengaku juga telah melakukan koordinasi dengan jajaran Polsek lainnya guna melakukan hal serupa.

Ditambahkan Basuki, meski kondisi bayi saat ditemukan dalam kondisi sehat, namun untuk pembuangnya tetap bisa terjerat pidana. Jeratan pasal yang dimungkinkan adalah pasal 308 mengenai pembuangan bayi.

“Untuk ancaman hukumannya cukup berat yakni 7 tahun penjara,” ujar dia.

Disinggung mengenai kondisi bayi sendiri, Basuki menuturkan bahwa saat ini dalam kondisi baik. Bayi masih dirawat oleh bidan yang menemukannya sembari menunggu proses adopsi.

“Prosesnya kan cukup lama, masih harus ke Dinas Sosial kemudian ke Pengadilan juga. Sementara dirawat Bu Endang,” lanjut Basuki.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, seorang bayi cantik yang diperkirakan baru berusia 3 hari ditemukan dibuang di depan rumah Bidan Endang Pamungkasi di Padukuhan Glagah, Desa Kemiri, Kecamatan Tanjungsari, Selasa malam kemarin. Bayi tersebut ditemukan dengan tali pusar yang masih menempel.

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg