Pemerintahan
Bagikan berita :
Kamis, 12 Januari 2017 - 11:43:49 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Banyak Pegawai Pensiun, Kekurangan PNS di Pemkab Gunungkidul Semakin Banyak

Banyak Pegawai Pensiun, Kekurangan PNS di Pemkab Gunungkidul Semakin Banyak
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunungkidul cukup banyak. Sebagaimana diketahui, Pemkab Gunungkidul sejak beberapa waktu lalu mengeluhkan perihal kekurangan jumlah tenaga PNS yang bertugas di lingkungan Pemkab. Adanya peraturan moratorium dari pusat yang masih diberlakukan membuat kekurangan pegawai dari waktu ke waktu semakin banyak.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Gunungkidul, Sigit Purwanto menerangkan, kekurangan PNS di lingkup Pemkab sangat mempengaruhi jalannya pemerintahan. Kekurangan tersebut berdampak pada beban kerja yang semakin banyak dan pada akhirnya sangat menentukan kualitas kerja para pegawai.

Ditambahkan Sigit, jumlah kekurangan sendiri mencapai ratusan orang. Berdasarkan catatannya, pada tahun 2016 lalu pihaknya mengalami kekurangan sejumlah 576 formasi.

“Kekurangan pegawai memang terus bertambah karena adanya pegawai yang pensiun sedangkan pegawai masuk tidak ada,” ungkap Sigit, Kamis (12/01/2017) siang.

Ia kembali menjelaskan bahwa pihaknya terpaksa melakukan upaya antisipasi guna meminimalisir efek negatif akibat kekurangan personel yang terjadi. Sejumlah siasat diluncurkan pemerintah guna mengatasi permasalahan tersebut dengan berbagai program.

"Kita atasi dengan peningkatan kualitas pendidikan seperti pelatihan dan BIMTEK, penataan pegawai yang tepat dan institusi yang merata, membatasi PNS yang akan pindah keluar daerah dan membuka mutasi bagi PNS dari luar daerah untuk masuk ke Gunungkidul," papar Sigit.

Lebih lanjut dia menjelaskan kebijakan moratorium ini di tahun 2017 pihaknya belum bisa memastikan apakah akan dicabut atau tidak. Namun demikian BKPPD selalu mengusulkan kekurangan formasi PNS tersebut ke Menpan RB. 

"Kita baru menyusun dan berkoordinasi jika moratorium dicabut, belum bisa kita petakan yang jelas paling banyak di tenaga pendidik dan kesehatan, kita tunggu saja di tahun 2017 ini masih moratorium atau tidak,"kata Sigit.

Sementara itu Kepala Bidang Formasi, Pengembangan dan Data Pegawai BKPPD, Reni Linawati memaparkan, menurut data yang ada pada akhir tahun 2016 lalu jumlah PNS di lingkup Pemkab Gunungkidul yang pensiun sejumlah 306 orang, sedangkan untuk tahun 2017 ini yang akan mengalami masa pensiun sampai akhir tahun sejumlah 285 orang.

"Kita tetap mengajukan formasi terkait kurangnya PNS, dimana pada 2016 kita mengajukan sejumlah 576 formasi. Untuk tahun 2017 ini kita akan mengajukan lebih dari itu walaupun belum kita ketahui moratorium masih masih diberlakukan atau dicabut," urainya.

Berita Terkait :