Gaya Hidup
Bagikan berita :
Kamis, 12 Januari 2017 - 13:44:24 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

Dapat Jatah Danais 35 Miliar, Pembangunan Taman Budaya Segera Diwujudkan

Dapat Jatah Danais 35 Miliar, Pembangunan Taman Budaya Segera Diwujudkan
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mendapatkan alokasi Dana Keistimewaan (Danais) sebesar Rp 35,45 miliar. Jumlah tersebut meningkat cukup fantastis dibanding tahun 2016 lalu dimana hanya mendapatkan Rp 6,4 miliar saja. 

Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Siti Isnaini Dekoningrum mengatakan, naiknya Danais yang diterima lantaran akan digunakan untuk pembangunan taman budaya. Diakui, pembangunan taman budaya menggunakan alokasi danais paling besar. Sebanyak Rp 20 miliar akan digunakan khusus untuk pembelian tanah dan bangunan taman. 

"Dana keistimewaan paling banyak kita gunakan untuk pembangunan fisik berupa taman budaya yang akan kita laksanakan tahun ini," jelasnya, Kamis (12/01/2017). 

Sementara sisa anggaran yang masih sekitar Rp 15,45 miliar akan digunakan untuk kegiatan non-fisik. Kegiatan tersebut meliputi menggelar kesenian adat dan tradisi sekaligus pembinaannya, pemeliharaan cagar budaya dan warisan, penyelenggaraan budaya, serta pelestarian cagar budaya dan nilai-nilai budaya. 

Sementara terkait serapan danais tahun 2016, sebanyak Rp 6,4 miliar sudah terserap lebih dari 90 persen. Meski begitu, pelaksanaan kegiatan seni budaya diakui sudah terselenggara keseluruhan. Hanya saja sisa dana yang masih ada berasal dari biaya persewaan alat atau konsumsi yang bisa didapat lebih murah dari anggaran belanja. 

"Misalnya untuk snack kita anggarkan Rp 12 ribu tapi kita bisa dapat Rp 8 ribu saja. Jadi sisa dana berasal dari situ, bukan dari kegiatan budaya yang tidak terlaksana. Sisanya sudah dikembalikan," ujar Siti.

Berita Terkait :