Pemerintahan
Bagikan berita :
Kamis, 12 Januari 2017 - 16:54:33 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Kumpulkan Pokdarwis dan Muspika, Pemkab Matangkan Rencana Penertiban Pantai Selatan

Kumpulkan Pokdarwis dan Muspika, Pemkab Matangkan Rencana Penertiban Pantai Selatan
Space Iklan
Pertemuan antara Pemkab dengan Pokdarwis dan Muspika terkait penataan pantai selatan (Foto by Fajar Risdiyanto)

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Pemerintah terus mematangkan rencana penertiban kawasan Pantai Selatan. Bertempat di ruang Rapat III Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, sejumlah perwakilan dari beberapa Pokdarwis dan Muspika Kecamatan Tepus serta Tanjungsari dikumpulkan untuk membahas rencana tersebut.

Asisten Bidang Kemasyarakatan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul Tomy Harahap yang memimpin jalannya pertemuan menerangkan, pertemuan dilakukan guna menyamakan persepsi antara pemerintah dan warga setempat terkait penertiban yang akan dilakukan. Tommy mengakui bahwa sebelumnya memang terdapat beberapa kendala dalam penertiban kawasan sempadan pantai.

"Memang kemarin tim yang kita terjunkan ke lapangan untuk mengukur lahan menemui kendala, yakni adanya beberapa ancaman, makanya kita akan ambil alih dan besok selasa kita akan kembali ke lokasi," papar Tomy, Kamis (12/01/2016) siang.

Terkait tudingan bahwa penertiban akan tebang pilih, ia menegaskan bahwa seluruh bangunan baik yang kecil maupun besar yang terpantau melanggar peraturan akan ditertibkan.

"Untuk bangunan besar seperti di Pantai Sadranan kita sudah kirim surat untuk besok koordinasi penertibannya," ungkapnya.

Sementara itu salah satu warga di wilayah pantai Sadranan Wasdiyo mengatakan, memang dari pihak warga siap untuk dilakukan relokasi dan penertiban kawasan sempadan pantai. Namun pihaknya berharap agar terdapat kejelasan lahan pengganti untuk lapak-lapak yang dibongkar. 

"Kita siap, tapi penataan juga harus terdapat lahan pengganti, selain itu jangan hanya di pantai Sepanjang, Drini, Sadranan dan Slili saja, namun juga harus adil keseluruhan yang melanggar sepadan pantai harus ditertibkan,"ucap dia.

Berita Terkait :


dava3.jpg
HOT NEWS
meloncell.jpg
rahma jaya.jpg