Ekonomi
Bagikan berita :
Senin, 30 Januari 2017 - 12:06:52 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

Cuaca Ekstrim Terus Terjadi, Petani Durian Gagal Panen

Cuaca Ekstrim Terus Terjadi, Petani Durian Gagal Panen
Space Iklan
ilustrasi by google

Patuk,(sorotgunungkidul.com)--Cuaca buruk yang terjadi selama setahun ini membuat petani durian di Kecamatan Patuk merana. Tanaman durian milik mereka mengalami gagal panen karena musim hujan yang datangnya tidak sesuai perkiraan. Jika biasanya di Kecamatan Patuk terkenal dengan sentra penghasil durian yang rasanya lezat, namun tahun ini pemandangan yang tidak biasanya terjadi saat musim durian yang biasanya tiba.

Salah seorang petani durian Kecamatan Patuk, Sunardi mengatakan, para petani tahun ini gagal panen sehingga tidak bisa menikmati hasil dari tanamannya. Ia menduga kondisi cuaca ekstrim dengan tingginya intensitas hujan yang berlangsung hampir sepanjang tahun, menjadi penyebab pohon-pohon durian itu tidak berbuah.

"Tahun ini malah lebih parah dari tahun kemarin. Kalau tahun kemarin meski rasanya tidak enak tapi masih berbuah. Tapi tahun ini tidak ada hasil," keluh Sunardi, Senin (30/01/2017).

Menurut Sunardi, hujan yang sering datang menyebabkan bunga durian di pohon sebagai calon buah gugur. Belum lagi, tingginya intensitas hujan ini juga menyebabkan bunga busuk karena terlalu sering tersiram air. Meski ada beberapa buah yang mampu bertahan di pohon, namun tidak dapat berkembang secara maksimal. Akibatnya, kualitas maupun rasa durian menjadi tidak manis. 

"Harusnya musim ini durian sudah bisa dipanen. Namun sampai saat ini tidak ada tanda-tanda bisa memetik hasil. Mboten panen blas. Sami rontok sedanten (Sama sekali tidak panen, rontok semua)," paparnya.

Sementara itu, pedagang lainnya, Aris mengaku, biasanya pada Oktober hingga Desember pohon durian di daerahnya mulai berbunga dan tiga bulan kemudian bisa panen. Namun melihat kondisi cuaca yang akhir-akhir ini curah hujannya tinggi, maka harapan panen sepertinya hanya menjadi angan belaka.

"Tahun lalu juga terkendala masalah cuaca, tapi saat itu sampai bulan-bulan seperti ini masih kemarau tidak ada hujan sehingga pohon durian kami banyak yang tidak berbuah karena bunganya banyak rontok. Nah sekarang kebalikannya hujan terus-terusan juga menyebabkan bunga durian banyak rontok," keluhnya.

Berita Terkait :