Ekonomi
Bagikan berita :
Senin, 30 Januari 2017 - 18:15:54 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

Sempat Turun, Harga Cabai Kembali Melambung Tinggi

Sempat Turun, Harga Cabai Kembali Melambung Tinggi
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Komoditas cabai rawit di Pasar Argosari, Wonosari mengalami naik turun harga. Sempat beberapa waktu lalu posisi harga cabai di pasar ini turun di harga Rp 95.000 per kilogram. Namun saat ini harga telah berubah dengan kenaikan yang cukup tajam.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Argosari, Sari menyebutkan, sejak beberapa minggu terakhir harga cabai rawit merah dibandrol dengan harga Rp 120 ribu per kilogramnyanya. Bukannya semakin turun, harga cabai saat ini justru setara dengan satu kilogram daging sapi.

"Nggak tahu ini kok naik lagi padahal kemarin sudah seneng harganya turun. Kemarin sempat turun Rp 95 ribu tetapi sudah naik lagi Rp 120 ribu per kilogramnya," tuturnya, Senin (30/01/2017).

Akibat kenaikan ini, sejumlah pedagang akhirnya menjual cabai rawit dengan sistem oplosan. Mereka mencampur cabai rawit merah dengan cabai putih untuk mengurangi kenaikan harga. Karena kenaikan harga yang cukup tajam, jumlah cabai rawit yang Sari jual pun menjadi berkurang. Biasanya dalam sehari bisa menjual 50 kg, kali ini berkurang hingga separuh dan hanya 30 kg saja.

Sari dan pedagang cabai lainnya mengaku tidak begitu kaget dengan kenaikan harga cabai rawit merah yang menyentuh angka Rp 120 ribu. Pasalnya setiap tahun kondisi itu selalu terjadi, hanya saja waktunya yang tidak bisa ditebak.

"Naiknya harga cabai karena tidak seimbang antara produksi dan permintaan yang ada," terangnya.

Berita Terkait :