Hukum & Kriminal
Bagikan berita :
Jumat, 10 Februari 2017 - 08:40:15 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Polisi Waspadai Narkoba Jenis Baru di Cairan Rokok Elektrik

Polisi Waspadai Narkoba Jenis Baru di Cairan Rokok Elektrik
Space Iklan
Ilustrasi by net

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Satuan Reserse Narkoba Polres Gunungkidul akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap para penjual cairan rokok elektrik yang ada di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Hal itu dilakukan menyusul adanya temuan cairan narkoba jenis baru oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) yang bernama blue safir atau snow white yang biasa digunakan dalam rokok elektrik.

Kanit 2 Sat Res Narkoba Polres Gunungkidul, Ipda Larso menerangkan, dari haril hasil pantauan terhadap para penjual cairan rokok elektrik atau vape di Gunungkidul belum ditemukan adanya carian tersebut. Namun untuk mengantisipasi masuknya cairan membahayakan itu ke wilayah Gunungkidul, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan secara berkala.

“Cairan narkoba yang membahayakan yang digunakan vape snow white tersebut mengandung zat kimia 4-CMC atau sering disebut sebagai Chloromethcathinone. Zat tersebut mirip dengan narkoba jenis sabu, sehingga sangat berbahaya,” paparnya, Jumat, (10/02/2017).

Dia menambahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa peredaran cairan membahayakan tersebut bisa masuk ke wilayah Gunungkidul. Untuk mencegah hal tersebut pihaknya akan melakukan antisipasi sedini mungkin dengan melakukan pengecekan di toko-toko yang menjual cairan isi ulang vape tersebut.

“Di wilayah Gunungkidul memang terdapat beberapa titik yang menjual isi ulang rokok elektrik tersebut. Indikasi memang ada, tapi belum membahayakan,” imbuhnya.

Dia menghimbau kepada warga masyarakat para pengguna rokok elektrik agar berpartisipasi aktif khususnya di kalangan pemuda. Jika merasakan ada hal yang aneh setelah menghisap rokok elektrik tersebut agar segera melaporkan ke pihak kepolisian.

“Memang peredaran obat-obatan tersebut menggunakan berbagai modus, jika kita temukan akan langsung kita tindak,” tandasnya.

Berita Terkait :