Peristiwa
Bagikan berita :
Senin, 13 Februari 2017 - 16:34:29 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Sembunyi di Masjid, Maling 3 Karung Rokok Ditangkap Polisi

Sembunyi di Masjid, Maling 3 Karung Rokok Ditangkap Polisi
Space Iklan
Pelaku bersama barang bukti rokok dan barang curian lainnya saat diperiksa petugas (Foto by Fajar Risdiyanto)

Karangmojo,(sorotgunungkidul.com)--Aparat Kepolisian Reserse Kriminal Polres Gunungkidul berhasil menangkap 2 pelaku pencurian di sebuah warung yang terletak di wilayah Desa Gedangrejo, Kecamatan Karangmojo pada Kamis (09/02/2017) dinihari lalu. Dari tangan kedua orang pelaku, masing-masing AG (37) dan JY (49) keduanya warga Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, polisi berhasil menyita 3 karung berisi rokok dan sabun berbagai merk yang sempat berhasil dicuri. Hingga berita ini dilansir, keduanya masih terus diperiksa oleh aparat kepolisian guna dilakukan pengembangan.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Rudy Prabowo menjelaskan, terbongkarnya peristiwa pencurian tersebut berawal saat petugas patroli dari Satreskrim Polres Gunungkidul mencurigai gerak gerik  Ag yang saat itu sedang berkeliling menggunakan sepeda motor pada dini hari. Oleh anggota, AG kemudian dibuntuti hingga kemudian berhenti di sebuah Masjid. Tak membuang waktu, petugas lantas menginterogerasi yang bersangkutan dan sekaligus melakukan penggeledahan. Kecurigaan petugas semakin besar saat ditemukan barang-barang seperti linggis yang dibawa AG.

"Ag lalu digelandang ke Mapolsek Karangmojo dan dilakukan pemeriksaan," papar Rudy, Senin (13/02/2017) siang.

Dalam pemeriksaan, Ag mengaku baru saja melakukan pencurian bersama saudaranya,  JY. Berbekal keterangan tersebut, anggota gabungan dari Reskrim Polsek Karangmojo, Polsek Ponjong dan Polres Gunungkidul kemudian melakukan pencarian di wilayah Karangmojo dan sekitarnya pada dini hari itu juga. Penelusuran petugas membuahkan hasil saat berhasil menemui seorang pria yang sedang berjalan sendirian di tengah kegelapan malam. Pria yang kemudian diketahui merupakan Jy itu lantas dibawa ke Mapolsek untuk diperiksa.

Dalam pemeriksaan yang kedua, baik Ag dan JY mengaku baru saja melakukan pembobolan sebuah warung di wilayah Desa Gedangsari, Kecamatan Karangmojo. Oleh keduanya, untuk mengelabui kecurigaan warga maupun petugas, mereka berpencar dan meninggalkan barang curiannya sejumlah 3 karung berisi rokok, sabun dan shampo di sebuah ladang di wilayah Karangmojo.

"Barang bukti berhasil kita amankan, jika ditaksir senilai kurang lebih 7 juta rupiah," imbuhnya.

Ditambahkan Rudi, kedua pelaku lantas dibawa ke Mapolres Gunungkidul bersama barang bukti untuk proses penyidikan lebih lanjut. Kedua pelaku diduga merupakan pelaku pencurian spesialis warung kelontong dengan modus mencongkel pintu atau jendela warung saat dalam keadaan sepi. Kepada keduanya, polisi akan menjerat dengan Pasal 363 ayat 245 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dangan ancaman hukuman penjara diatas 5 tahun.

"Menurut pengakuannya kedua pelaku mengaku melakukan pencurian sekali, kasus ini masih terus kita kembangkan," urainya.

Berita Terkait :