Politik
Bagikan berita :
Kamis, 16 Februari 2017 - 17:06:53 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

Perubahan Alkap DPRD Gunungkidul, Dodi Wijaya dan Desiyanti Lengser

Perubahan Alkap DPRD Gunungkidul, Dodi Wijaya dan Desiyanti Lengser
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul telah melakukan pembaharuan alat kelengkapan (alkap) dewan yang disahkan bersama dalam rapat paripurna. Dengan begitu, para anggota dewan dapat segera menjalankan tugas-tugas kedewanan sesuai dengan pembagiannya.

Tak banyak perubahan menonjol pada Alkap DPRD Gunungkidul yang baru. Yang mungkin paling menonjol adalah perubahan yang terjadi pada Komisi D dan Badan Kehormatan (BK)DPRD Gunungkidul. Dodi Wijaya dan Desiyanti yang semula masing-masing menjabat sebagai Ketua Komisi D dan Ketua BK lengser dari jabatannya. Keduanya saat ini hanya menjadi anggota biasa.

Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Suharno mengatakan, pembentukan alat kelengkapan dewan ini berdasarkan hasil kesepakatan beberapa fraksi yang saling menerima. Tidak ada satupun yang melakukan interupsi dalam rapat paripurna yang diselenggarakan pada Senin (13/02/2017) malam lalu. Mempersatukan kelembagaan dewan, kata Suharno, diarahkan untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat, bukan konsentrasi perbedaan partai.

"Mereka saling legowo dan menghormati satu sama lain. Semua bisa menyelasaikan alkap tanpa kegaduhan," ucapnya, Kamis (16/07/2017) siang.

Mengenai perubahan dalam Alkap dewan yang telah ditetapkan disebutkan Suharno tak banyak berubah. Perubahan hanya terjadi pada posisi Dodi Wijaya yang selama 2,5 tahun menjabat sebagai Ketua Komisi D digantikan oleh Heri Kriswantoro dari fraksi yang sama alias Frakasi PAN. Ia diwakili oleh Wahyu Pradana Ade Putra (F PDIP) dan sekretaris Heri Nugroho (F Golkar).

Kemudian dari Komisi A diketuai oleh Sugiyarto (F Golkar), Wakil Ketua Dhemas Kursiswanto (F PDIP) dan Sekretaris Ari Siswanto (F PKS). Ketua Komisi B tetap Sugito (F PDIP), Wakil Ketua Edy Susilo (F PAN) dan Sekretaris Sardjono (F Golkar). Komisi C diketuai oleh Purwanto (F Gerindra), Wakil Ketua Suharjo (F PDIP) dan Sekretaris Suharjo (F PAN).

Selain ketua Komisi D, Ketua Badan Kehormatan juga diganti yang semula Desiyanti menjadi Eko Rustanto (F Demokrat). Ia sendiri diwakili oleh Lagiyo (F Gerindra). Sedangkan untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) diketuai oleh Imam Taufik (F PKS) dan Wakilnya Sarmidi (F PAN).

“Selamat bekerja untuk pejabat yang baru, saya harap bisa maksimal dalam menjalankan tugas,” terang dia.

Berita Terkait :