Pemerintahan
Bagikan berita :
Jumat, 17 Februari 2017 - 08:23:34 | fajar-risdiyanta / Sorot Gunungkidul

Warga Diminta Terus Berjuang untuk Turunkan Kades Dadapayu

Warga Diminta Terus Berjuang untuk Turunkan Kades Dadapayu
Space Iklan
Audiensi warga Desa Dadapayu di DPRD Gunungkidul (Foto dokumen sorot)

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Warga Desa Dadapayu diminta terus memperjuangkan untuk menurunkan Kepala Desa setempat, Rukamto yang diduga melakukan pungutan liar (pungli). Kasus itu hendakanya juga bisa dijadikan pelajaran bagi desa-desa lain di Gunungkidul.

Kepala Divisi Sipil Politik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakara Emanuel Geboy mengatakan, selain mendampingi 3 tersangka dari warga, pihaknya juga akan terus mengawal proses hukum terkait pungli yang dilakukan oleh Kades Rukamto.

Diketahui dugaan pungli tersebut sudah dilaporkan warga Dadapayu, Kecamatan Semanu ke Mapolres Gunungkidul, beberapa waktu lalu.

“Saya harap kepada warga agar jangan sedikitpun turun semangatnya, untuk menurunkan aparat desa yang tidak benar. Kalau bukan warga yang memperjuangkan lalu siapa lagi,” ujar pria yang akrab disapa Edo tersebut, ditemui Jumat (17/02/2017).

Dia menambahkan, warga yang menggelar aksi unjukrasa beberapa waktu lalu merupakan hak dari warga dan tidak boleh dilarang. Selain itu, aksi demontrasi tersebut juga dijamin oleh Undang-Undang. Terkait upaya perdamaian antara Kades dan warga yang ingin laporan kasus pengrusakan dicabut, hingga saat ini belum menemui titik terang.

“Permasalahan ini semakin sulit diselesaikan secara kekeluargaan,” urainya.

Sementara itu, diluar kasus Desa Dadapayu ini, Edo menduga kasus yang sama juga terjadi di beberapa desa di Gunungkidul. Namun keinginan warga untuk mengungkap praktek-praktek pungli dan korupsi tak sekompak warga Desa Dadapayu. 

Berita Terkait :