Ekonomi
Bagikan berita :
Jumat, 17 Februari 2017 - 15:22:37 | tsaniyah-faidah / Sorot Gunungkidul

Takut Harga Cabai Merosot, Petani Pilih Panen Lebih Awal

Takut Harga Cabai Merosot, Petani Pilih Panen Lebih Awal
Space Iklan
ilustrasi by google

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Meroketnya harga cabai di pasaran belakangan ini membuat sejumlah petani di Gunungkidul tergiur untuk ikut menangguk rejeki. Para petani memutuskan untuk melakukan panen cabai lebih awal.

Seperti yang terjadi di areal persawahan Padukuhan Sumbermulyo, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari. Para petani rela panen lebih dini meski kondisi cabai masih belum belum matang dan masih muda. 

Sulistiyo, salah seorang petani mengaku, mereka sengaja memanen lebih cepat dari waktu yang seharusnya agar lebih mendapat keuntungan. Para petani khawatir jika terlalu menunggu, harga cabai bisa merosot pada saat panen raya sehingga keuntungan menjadi berkurang atau bahkan sampai merugi.

"Setiap satu minggu sekali kami panen. Saat ini, cabai masih muda saja sudah tinggi harganya," kata dia, Jumat (17/02/2017) siang.

Panen dini juga dilakukan lantaran intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini. Mereka pun terpaksa panen dini karena mayoritas cabai yang dipetik saat musim hujan cepat mengalami pembusukan. Hal itu dilakukan semata-mata agar mereka tidak mengalami kerugian.

"Banyak cabai yang keburu membusuk saat dijual. Jadi terpaksa panen dini agar masa pembusukannya lebih lama," tuturnya.

Berita Terkait :